#HariBaik

img-20190801-wa00262561766785931642766.jpg

   Tentang jurnal syukur pasti udah banyak yang tau. syukur itu seolah gampang, tapi cukup sering terlewatkan. Karena resah dan pilu segitu gedenya sampe nikmat yang ga kecilpun mudah saja diabaikan. Well, postingan terakhirku di blog hampir setaun yang lalu, cerita tentang dua tahun gabung di komunitas ibu muda Indonesia. Nah, kali ini masih sama nulis lagi disini buat ngerjain #kimichallenge episode Agustus.

   Selama sepuluh hari berturut-turut kita diminta bikin gratitude list. Ga boleh kelewat, kalo lupa ngulang lagi dari awal. Semacam gampang yaa, tinggal milih waktu aja mau pagi, sore, malem buat ngedata apa-apa yang patut disyukuri sehari itu. Nyatanya, hampiir kelewatan juga. Iya, sebegitu mudahnya kita lupa sama apa yang sudah diberikan, gratis, bahkan tanpa kita minta.

   Aku bikin gratitude list ini mulai tanggal 1 Agustus, pas lagi period, mood swing kesana kemari. Sekilas nampak flat aja gitu, kayaknya ga ada prestasi yang bisa disyukuri tiap hari. Pagi siang sore malem, berjalan dengan rutinitas yang sama, interaksi dengan orang-orang itu saja. Hari kedua aku memutuskan untuk sejenak rehat, off mainan socmed dan menikmati hidup di alam nyata. Waktu yang biasa dipake scrolling temlen, dialihkan buat baca, ngulik resep dan jumpa teman. Ga kerasa nyaman juga, semakin banyak input berfaedah yang masuk, semakin panjang daftar syukur yang kutulis menjelang malam. Sadar bahwa apa yang telah aku dapat selama ini tuh banyak banget. Trus jadi ngerasa, heii.. kalau saja kita ga kebanyakan mau, ga mengejar ingin, Allah cukupi koq. Justru karena menomorsatukan ego, gang keliahatan cuma doa yang berlum terwujud, resah karena ingin yang belum tercapai. Menurutku, nikmat itu ga ujug-ujug langsung gede, tapi merasakan hadirnya dari yang terkecil.

   Trus pas udah berhasil bikin gratitude list selama 10 hari non stop, kamu dapet apa? Makin peka kalau Allah itu Maha Kasih. Super duper sayang, Maha Baik. Awalnya cuma bisa ngelist syukur yang kasat mata, macam dikasih kue tetangga, or dapet hadiah dari suami. Paling dapet 4 -7 poin, udahan, tapi makin hari makin banyak yang nampak sebagai nikmat. Kayak mata, siapa coba yang ngatur tiap sekian detiknya kudu kedip, ngasih cairan biar bola mata ga kering. Ada timer yang tepat buat bikin kita nyaman, ga sakit mata. Boro-boro pernah minta buat ngedipin mata, ga pernah berdoa kayak gitu. Tapi Allah kasih, gratis. Satu lagi, pernah ga sih kalian mainan sama hewan peliharaan. Even itu kucing, ayam, ngeliat mereka makan, trus lari kesana kemari, gitu aja udah happy secara ga sadar. Itu semua cara Allah untuk memelihara, tanda kasih sayangNya yang Maha Menghidupi.

   Sekarang jadinya malah otomatis, tiap mau tidur ngelist syukur tentang apa aja nikmat setiap harinya.Nikmat yang ga sebatas rasa senang. Sedih pun terhitung nikmat, karena apapun yang terjadi dalam tiap nafas kita adalah yang terbaik dariNya. Akan ada hikmah dalam setiap pelajaran untuk tetap diterimakasihi.

#HariBaik #KIMIchallenge #KomunitasIbumudaindonesia

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑