Diet dan Aktifitas Sebelum OPU

Sejak pindah ke Teweh dan absen promil medis aku mulai lagi benerin makan dan aktifitas. Udah diniatin bakalan promil dengan usaha sendiri, herbal dan semampunya. Awal tahun 2019 ketemu akun ig dr. Zaidul Akbar yang Masyaallah ilmunya banyak banget, semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada beliau. Satu persatu yang sekiranya cocok buat aku dipraktekkan. Mulai lagi rutin olahraga, walaupun cuma jalan kaki muterin stadion Muara Teweh, di fase ini menstruasi ku cukup teratur. Tengah tahun 2019 udah mulai bisa ga konsumsi gula, ganti minyak goreng dan nasi putih. Tepung terigu juga berkurang banget karena aku mulai tertarik ngulik makanan berbasis gluten-free.

Nutrisi dan aktifitas ini cukup ngaruh buat kaum pcos. Makanya pas awal konsul, dokter juga langsung menginstruksikan buat diet dan olahraga. Diet yang disarankan no nasi putih, banyakin sayur buah dan olahraga ringan setiap hari minim 30 menit. Dari sini aku mulai lebih ketat lagi pilih makanan. Asupan karbo diganti nasi coklat atau hitam, tapi karena ga terlalu suka rasanya, jadi lebih milih ubi dan bengkuang. Porsi makan sayur ditambah. Buah wajib setiap hari alpukat, kiwi dan kurma biasanya masih nambah buah lain. Jus 3 diva (wortel, tomat, apel) tiap pagi sehabis olahraga. Ditambah lagi 1 sdm madu dan 1 sdm olive oil.

Waktu mulai suntik menyuntik, asupan protein perlu ditingkatkan untuk mewaspadai terjadinya OHSS. Sekali lagi karena aku pcos jadi rentan terjadi hyper stimulasi ovarium atau OHSS yang bisa berakibat fatal. Jatah protein pun ditambah dengan konsumsi minimal 5 butir telur ayam kampung, putihnya aja, ditambah susu peptisol 2x sehari. Jadi kebayang kan gimana enegnya sama putih telur rebus weww, liatnya aja udah mual. Tapi Alhamdulilah, bisa juga ternyata hahaha. Selain itu aku juga menghindari processed food (termasuk fast food), dairy products (produk susu sapi dan turunannya), semua jenis kacang-kacangan termasuk buncis dan tahu tempe. No caffein, soda, mie instan dan jajanan pinggir jalan.

Karena awalnya udah belajar milih-milih makanan jadi buat dibikin lebih ketat lagi ga masalah. Dibadan kerasa nyaman, ga lagi mood swing. Ehh tapi aku emang nyantai sih, udah diniatin pula, jarang banget craving yang aneh-aneh. Kalopun pengen yaa paling inget lagi, tujuan di awalnya. Dalam waktu 2 bulan sampe mau OPU (ovum pick up) berat badanku turun 2kg. Ini bukan target yaa, karena BMI ku udah mepet batas bawah normal. Karena khawatir bisa underweight, asupan lemak baiknya ditingkatkan lagi. Alpukat, minyak zaitun, kurma tambah dosis tiap hari.

Aktifitas sehari-hari tidak ada batasan. Untuk olahraga ringan aku pilih jalan kaki setiap habis subuh muterin komplek antara 30 menit sampai 1 jam. Ini juga harus diukur sih ga boleh berlebih, berhenti sebelum benar-benar capek. Dan yang penting lagi jaga suasana hati tetep senang. Karena mood ngaruh banget sama sel telur. Once kita stress, para egg ini bakalan mogok berkembangnya. Ini yang kadang sulit dikendalikan wkwkwk. Udah LDM trus jadwal suntik tiap hari, makan dibatasin gimana ga kepikiran yaa. Tapiii sekali lagi demi yaa demii.. sebisa mungkin dibawa santai, belanja sayur ke pasar, masak, sesekali ngemall buat diem lama di Gramed trus beli rujak buah. Iya ini jajanan default tiap kali ngemall, rujak buah wkwkwk karena yang lain ga boleh 🙂 Biasanya kalo suami lagi di Surabaya kita manfaatin buat staycation. Ga perlu milih tempat mewah yang penting happyhappy hihihi.

Dalam IVF program memang ada beberapa pantangan makanan minuman. Pun juga ada yang disarankan buat menunjang keberhasilannya. Nanti yaa aku cerita lagi beberapa tips, Do and Don’ts nya ngejalanin IVF 😉

#ayoenceritaivf #ivfjourney

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑