Berteman Dengan Jarum Suntik

5 November 2019, hari kedua menstruasi artinya sore ini aku mulai stimulasi sel telur. Episode ini cukup khas dilakukan dalam program inseminasi ataupun IVF. Sesuai prosedur ada beberapa obat yang harus dimasukkan lewat injeksi sebagai stimulan pembesar sel telur. Idealnya dalam pembuahan dibutuhkan sel telur dengan ukuran 18-22 mm. Jenis obat dan dosis yang diberikan sesuai dengan kondisi pasien dan usianya. Untuk urusan suntik menyuntik ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri dirumah. Namun karena tempat tinggal ga jauh dari RS dan emang gapunya cooler bag khusus buat naruh obat injeksi jadi kuputuskan buat ikutan suntik di RS aja. Sebenarnya pertimbangannya lebih ke tehniknya sih, udah lama ga nyuntik, takut muncrat pas prepare, trus jadi ngurangin dosis, trus telurnya gabisa gede seperti yang diharapkan, kan sad! Ini jadi salah satu bentuk usaha maksimalku, biar suster aja yang nyuntikin.

Jadwal injeksi ini dilakukan tiap jam 6-7 malam teng. Iya, untuk masalah obat hormonal memang harus tepat waktu, tindakan pun juga, ga bisa direschedule. Biasanya, jam 5 udah siap-siap nungguin gojek buat ke RS, ambil nomor antrian lalu ke musholla bawah buat sholat Maghrib. Suster yang jaga bakalan nyuntik kita sesuai antriannya. Jadi jangan dikira sendirian, banyak temen-temen seperjuangan kita sis.

Untuk injeksi ini aku dapet Gonal 225iu, satu ampul disuntik dibagian sekitar pusar. Suntikan ini rutin tiap malam sampai 3 hari kedepan. Yang dirasain apa? Ehmm awalnya biasa aja, tapi lama-lama perut kembung dan kerasa agak nyeri pas disuntik. Setelah tiga hari, cek hormon Estradiol untuk mengetahui kondisi rahim setelah dilakukan stimulasi dan USG lagi buat liat ukuran sel telur. Hasilnya adalah sel telur ku belum sesuai target yang diinginkan. Seperti yang dikatakan dokter sebelumnya, karena aku PCO, kalo memang minim respon maka bakalan ganti obat dan dinaikin dosisnya. Well, dua hari kedepan obatku diganti, jadinya pake Pregoveris 300iu. Dan ternyata rasanya lebih uwow pas obatnya masuk 😌 Fyi, obat ini biasanya dipake untuk orang dengan usia lebih dari 35 tahun. Hohoho saking banyaknya sel telurku nih, jadi butuh energi ekstra buat nggedein. Oh bhaikk.. hei PCO kita damai yukk

11-12 November tambah satu obat lagi, buat menahan biar sel telur ga pecah sebelum waktunya. CTT atau cetrotide 1 ampul, dalam dua hari ini akan ada dua suntikan satu kanan satu kiri sekitar pusar. Lanjut tanggal 13 November cek USG buat evaluasi, apakah telurku sudah sesuai yang diinginkan? Ahhaaa beluum ternyata huhuhu dari sekitar 20 sel telur hanya ada 6 yang udah gede. Targetnya kita bakalan gedein semua biar nanti pas OPU maksimal, dapet simpenan telur banyak. Okeh..bakalan nambah suntik lagi, kuat ya kamu perutku 🙂

Kali ini udah nyampe pada fase perut bloated maksimal, kembung gede kayak udah hamil, lebam biru disana-sini. Udah susah mau makan antara mual dan kerasa full terus. Dan injeksi masih lanjut dua hari lagi Pregoveris+ CTT double dosis. Setelah evaluasi kesekian kalinya, ukuran sel telurku sesuai yang diharapkan 18-20mm, Alhamdulilah..

Eh tapi belum bisa lega dulu, karena masih ada satu suntikan lagi sebelum nanti OPU. 15 November 2019 jam 20.00 aku dateng lagi ke RS buat suntik pemecah telur. Superfact namanya, obat ini harus diinjeksikan tepat waktu. Agar nanti bisa presisi dengan jadwal pengambilan sel telur 36 jam kemudian. Jadi total episode suntik menyuntik versi aku kemarin selama 11 hari, dengan 4 macam obat melalui 15 kali injeksi. And I do it by my self, tiap hari bolak-balik ke RS sendiri, ehh dianterin pak gojek sih hehehe. Pak suami berjuang juga di pulau seberang. Seperti yang sudah kita bayangkan sebelumnya, memang harus berani ambil resiko. Setiap yang diperjuangkan harus ada pengorbanan. Biidznillah.. ini akan jadi ikhtiar maksimal kami.

Ahhh kalo ga karena kamu mana mungkin ibu kuat nak…

#ayoenceritaivf #ivfjourney

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑